| Comments ]

Jika anda ingin mengoptimalkan situs anda pada search engine maka anda harus memilih keyword dan frase yang tepat untuk mengoptimalkan posisi situs anda di search engine.

Untuk memperoleh keyword yang tepat anda dapat menggunakan rumus Daftar Keefektifan Keyword (DKK) hasil karya dari Sumantra Roy. Sebelum menggunakan rumus DKK ini, berikut 6 langkah agar anda dapat menggunakan DKK dengan tepat:

1. Membuat daftar awal keyword. Buatlah keyword sebisa mungkin jangan kata tunggal misalnya “billah” keyword tunggal cenderung bersifat terlalu kompetitif dan segmented. Jika anda mengetikan keyword tunggal tersebut pada search enggine apapun akan menampilkan ratusan mungkin ribuan situs yang mungkin terlalu umum dan bias. Juga sulit bag situs anda untuk menempatkan situs anda pada top ten search engine dengan keyword tunggal tersebut. Jadi buatlah sedikit lebih spesifik misalnya “billah tampan” (heuhehe ini baru bener  ). Selain itu kebanyakan pengguna search engine mengetikkan 2 atau 3 kata dengan tujuan mempersempit atau mempertajam hasil pencarian. Seperti contoh tadi kalau billah mungkin muncul banyak sekali tetapi jika dipersempit menjadi billah tampan mungkin hanya 1 saja (heuhehe terulang lagi)

2. Buka program Excell, buatlah 4 kolom-satu kolom untuk keyword, kedua untuk popularitas, ketiga untuk jumlah situs web kompetitor yang muncul pada search engine, dan kolom yang terakhir untuk DKK dengan rumus =IF (C2<>0,B2^2/C2*1000,0).

3. Cara paling efisien untuk mendapatkan sejumlah keyword lagi yang saling berkaitan anda bisa menggunakan wordtracker.com. Kalau mau gratis pilih “trial” lalu ikuti pertanyaan yang diminta. Jika selesai menjawab pertanyaan yang diminta lanjutkan dengan “start the trial”. Selanjutnya ketikkan keyword pertama anda kemudian hit proceed maka akan muncul beberapa alternatif keyword.

4. Copykan masing keyword yang muncul dan paste pada kolom keyword dan copy juga kolom “count” dari wordtracker dan paste pada program DKK di kolom popoularitas. Ulangi beberapa kali hal ini sampai keyword yang telah anda siapkan habis.

5. Sekarang masuklah pada search engine yang menjadi target anda misalnya Google. Ketikkan di tombol pencarian keyword pertama yang ada pada program DKK excell anda. Setelah itu Google akan menunjukkan jumlah situs yang sesuai dengan keyword anda. Masukkan jumlah situs dari hasil pencarian tadi ke kolom 3 (kolom jumlah situs kompetitor). Lakukan hal ini beberapa kali sesuai dengan persediaan keyword yang telah anda susun. Setelah anda memperoleh semua jumlah situs kompetitor dengan program excell akan menghitung DKK secara otomatis.

6. Setelah memperoleh hasill DKK lakukan sorting pada lajur kolom DKK dan pilih tipe descending maka anda akan memperoleh keyword yang tepat untuk mengoptimal situs anda di search engine.

READ VIA EMAIL FOR FREE