| Comments ]

Marco Polo dilahirkan di kota Venesia, Italia, pada masa dimana bangsa Eropa hanya sedikit mengenal tentang orang-orang dan budaya Cina, atau mengetahui Asia Timur dan lainnya.

Pada pertengahan 1260 ayah dan paman Marco Polo, Nicolo Polo dan Maffeo Polo memutuskan bahwa cara terbaik mempelajari Cina adalah dengan pergi kesana. Setelah melewati perjalanan yang panjang dan sulit mereka diterima di istana Kubilai Khan (1215-1294), kaisar Cina keturunan bangsa Mongol.

Kubilai Khan sangat tertarik dengan deskripsi dari ayah, paman Marco Polo tentang serba serbi budaya Eropa sehingga Kubilai Khan menginginkan agar Paus mengirimkan misionaris guna mengajarkan agama kristen, seni, kesusatraan Eropa kepada rakyat Cina.

Pada tahun 1269 Nicolo Polo dan Maffeo Polo kembali ke Erropa dan memutuskan kembali ke Cina pada tahun 1271 dan kali ini mereka mengajak serta Marco Polo. Kubilai Khan sangat menyukai Marco Polo dan menjadikannya duta besar untuk berbagai macam urusan sehingga Marco Polo mengenal Asia melebihi orang Eropa lainnya.

Buku karangan Marco Polo, "The Travels of Marco Polo" adalah buku kisah perjalanan yang paling terkenal dan berpengaruh dalam sejarah karena mengandung pengetahuan yang substansial yang pertama tentang Cina dan negara-negara Asia lainnya. Selain itu marcopolo juga telah membuat jalur perjalanan yang lebih pendek yang bisa ditempuh sehingga membuka hubungan perdagangan menjadi lebih cepat.

Sumber : 100 Pria berpengaruh di dalam sejarah dunia by Bill Yenne
Gambar by students.cgps.org

READ VIA EMAIL FOR FREE