| Comments ]

SEO bisa dianggap sebagai salah satu sarana promosi blog terekfektif. Nyaris semua user internet menggunakan search enggine untuk mencari sesuatu. Tetapi ilmu SEO yang sebenarnya bisa anda baca pada masing search engine webmaster guide lines. Selain itu ilmu SEO bukanlah ilmu pasti yang sekali kita praktekkan pasti hasilnya akan sesuai dengan keinginan kita.

Bisa dibilang SEO 1/2 ilmu pasti 1/2 nya lagi seni. Ada proses yang harus dilalui. Jika kita ingin meng optimalisasi suatu halaman kita tidak bisa asal posting tanpa persiapan dan perhitungan yang matang. Disini letak kesulitan SEO.

SEO bukan dominasi para master, tapi SEO milik semua blogger dan webmaster justru yang masih hijau seperti saya ini harus banyak belajar, berlatih dan berbagi tentunya :) Jadi jangan malu belajar SEO dan ber SEO.

Tapi tetap saja SEO diperlukan khususnya bagi blogger pemula seperti saya ini. Tanpanya makin miskin traffic blog saya. Pertama jangan lupa memasang meta tag dari Google yang bisa anda ambil dari Google webmaster tools dan memasangnya di HTML blog anda juga memasang meta tag description (deskripsi blog anda) juga meta tag keyword (keyword target anda) dan pasang di bawah page title. Selanjutnya, inti dari SEO berkisar pada rotasi keyword, density keyword dan backlink.

A. Rotasi keyword adalah pengulangan sebuah keyword. Jumlah minimal rotasi keyword yang sering dianjurkan adalah 5% minimum dan 20% maximal. Rotasi keyword yang berlebihan akan membuat search engine mengangap halaman sebuah blog atau web sebagai SPAM. Jadi jangan berlebihan.

B. Density Keyword adalah jumlah perbandingan dari jumlah rotasi keyword dengan total text. Sama halnya dengan rotasi keyword, jika berlebihan maka search engine akan menganggapnya sebagai SPAM.

C. Backlink, udah pada tau apa guna backlink. Semakin banyak backlink yang memiliki relevansi yang sama maka search engine akan menganggapnya penting dan memberikan posisi yang strategis dalam indexing nya.

Dari ketiga unsur tersebut, anda bisa menggunakan bantuan SEO Tools seperti Search status untuk membantu anda dalam menghitung density keyword anda. Kalau belum punya Search Status silahkan download Search Status nya terlebih dahulu.

Setelah anda menginstal search status maka di kompi anda akan terlihat logo @ disamping toolbar page rank dan alexa rank bawaan search status. Klik kanan logo @ tadi maka akan muncul menu dari search status.

Sebelum anda menerbitkan sebuah artikel ada baiknya anda survey terlebih dahulu berdasarkan keyword dari artikel terbaru anda. Kumpulkan data dari situs yang terindex di top 10 cukup ambil sample data dari situs yang berperingkat 10 tadi.

Jika sudah, maka upayakan artikel anda memiliki rotasi dan density keyword yang jauh lebih baik daripada situs yang berperingkat 10 tadi dan baru anda bisa menerbitkan artikel anda tadi.

Sekali lagi SEO bukan matematika yang 1+1=2, terkadang artikel yang anda terbitkan ada di misalnya halaman 5. Nah disinilah anda harus berupaya memperbanyak backlink terhadap artikel tersebut.

Anda bisa memberikan backlink atas artikel anda tadi dengan jasa dummy blog, bertukar link halaman artikel tadi dengan blogger lain, mensubmit artikel tersebut pada dig, iklan baris gratis dll.

Sudah melakukan semua itu tapi masih belum nongol di halaman 1 search engine???

Jika itu terjadi anda bisa mengangkatnya dengan menerbitkan artikel dengan keyword yang memiliki relevansi yang sama dan menautkan url dari artikel tadi ke artikel yang terbaru.

Misal : anda menerbitkan artikel dengan keyword "Make Money Online", bukankah topik dengan keyword Make Money Online itu luas sekali sehingga anda bisa menerbitkan artikel dengan keyword make money online berkali kali??? Taoi ingat jangan terlalu mengebu gebu..santai..ingat jika berlebihan Search engine akan menanggapnya sebagai SPAM.

Masih belum masuk lagi di halaman 1 padahal sudah melakukan semua hal diatas???

Ya usaha lagi, hingga tercapai dengan langkah langkah diatas...ingat SEO bukan 1+1=2 dan Jangan lupa bukan hanya seorang yang sedang mengincar posisi di search engine ;)

Semoga bermanfaat.

READ VIA EMAIL FOR FREE