| Comments ]

April Mop” yang kita kenal sekarang, diserap dari bahasa Belanda. Sedangkan dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan sebutan “April Fool’s Day”. Sedangkan di Perancis lebih dikenal dengan sebutan “Poisson d’Avril” = Ikan April.

Oleh sebab itulah anak-anak sering saling mengganggu dengan menggunting gambar ikan dan di tempelkan di punggung lawannya. Kebalikannya di Spanyol, mereka merayakan April Mop itu pada tanggal 28 Desember yang disebut “Dia de los Santos Inocentes” = Hari anak tak bersalah.

Karena itu pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru yang seyogiyanya pada tanggal 28. Desember 1978 diundur sehari agar tidak dijadikan bahan tertawaan ataupun dianggap sebagai lelucon.

Secara umum April Mop diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari ini, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah.

April Mop dianggap sebagai hari Dusta, dimana orang dihalalkan untuk berdusta ataupun menyebar luaskan kabar dusta (hoax) sekedar untuk lelucon. Maka dari itu juga para agamaist Kristiani khususnya di Eropa menilai asal muasal dari April Mop itu, karena 1 April itu sebenarnya adalah hari lahir dan juga hari kematiannya dari Yudas sang penghianat Yesus.

Lelucon yang terkenal yang pernah muncul pada hari April Mop adalah :

• Alabama Mengubah Nilai Pi : Newsletter New Mexicans pada April 1998 mengandung artikel yang ditulis oleh seorang ahli fisika Mark Boslough menyebutkan bahwa undang-undang Alabama telah mengubah nilai dari konstanta pi ke angka 3.0. Pernyataan ini sebelumnya pernah muncul pada cerita berita novel fiksi ilmiah tahun 1961, Stranger in a Strange Land oleh Robert A. Heinlein.

• Pohon Spaghetti : Program televisi BBC, Panorama membuat sebuah lelucon terkenal pada tahun 1957, yang menampilkan orang-orang Swiss memanen spaghetti dari pohon. Banyak orang yang menghubungi BBC untuk mengetahui cara menanam pohon spaghetti mereka sendiri. Hal ini pernah difilmkan dalam St. Albans. (Wikipedia)

Sementara itu tepat pada hari yang sama tepatnya 1 April 1487 Masehi. Terjadi pembantaian umat Islam di Spanyol. Perayaan April Mop itu diawali peristiwa penyerangan besar-besaran oleh tentara Salib terhadap negara Spanyol yang ketika itu di bawah kekuasaan kekhalifahan Islam pada Maret 1487 Masehi.

Kota-kota Islam di Spanyol, seperti Zaragoza dan Leon di wilayah Utara, Vigo dan Forto di wilayah Timur, Valencia di wilayah Barat, Lisabon dan Cordoba di Selatan serta Madrid di pusat kota dan Granada sebagai kota pelabuhan berhasil dikuasai tentara Salib.

Umat Islam yang tersisa dari peperangan itu dijanjikan kebebasan jika meninggalkan Spanyol dengan kapal yang disiapkan di pelabuhan Granada. Tentara Salib itu menjanjikan keselamatan dan memperbolehkan ummat Islam menaiki kapal jika mereka meninggalkan Spanyol dan persenjataan mereka.

Namun ketika ribuan umat Islam sudah berkumpul di pelabuhan, kapal yang tadinya sandar di pelabuhan langsung dibakar dan kaum Muslimin dibantai dengan kejam sehingga air laut menjadi merah karena darah.

Peristiwa pembantaian dan pengingkaran janji itu terjadi pada 1 April 1487 Masehi dan dikenang sebagai “The April Fool Day”.

Gbr by : sonora
Sumber : Wikipedia, Antara

READ VIA EMAIL FOR FREE