| Comments ]

Kalau kita ingin mengoptimalisasi situs atau blog kita di search engine, maka perlu juga kita mengetahui istilah-istilah didalam dunia situs pencarian. Tapi sekali lagi saya bukan jagonya lho, tapi juga baru belajar dan siapa tau artikel ini juga berguna buat yang lain.

Memikirkan SEO memang agak sulit, bukan perkara yang satu dua jam sudah beres seperti kita belajar masang widget yang sudah gampang banget karena tinggal copas aja udah beres. Untuk SEO kita harus mikir sendiri konsep keyword yang kita suka dan akan kita pakai, dsb. Berikut beberapa istilah-istilah didalam dunia situs pencarian yang perlu kita ketahui :

1. Alt Tag : Teks alternatif yang ditampilkan browser apabila pengguna internet tidak ingin atau browsernya tidak terdapat menampilkan gambar yang ada dalam situs yang dikunjungi.
2. Click Popularity : Popularitas suatu situs yang diamati oleh situs pencari berdasarkan banyaknya situs tersebut dikunjungi melalui kilk lewat search enggine dan seberapa lama user menghabiskan waktunya di situs tersebut.
3. Direktori : Sebuah situs yang berisi banyak link ke situs-situs lain yang diatur ke dalam berbagai kategori seperti (ODP) dll.
4. Doorway Page : suatu halaman yang khusus dibuat untuk mendapatkan urutan atas didalam situs pencari. Sering juga disebut gateway page, bridge page, entry page.
5. Dynamic Content : Informasi yang terdapat di dalam suatu situs yang berubah secara otomatis bergantung database dan data informasi si visitor (user demand).
6. Hallway Page : Suatu halaman yang berisi banyak link ke barbagai Doorway Page.
7. Heading Tag : Style paragraph yang ditampilkan dalam format font besar, bold. Dengan menaruh teks yang berisi keyword di bagian tag heading dapat meningkatkan urutan posisi dari halaman tertentu dati situs kita.
8. Inktomi : Suatu database yang terdiri dari banyak situs dan database ini digunakan oleh banyak situs-situs pencari seperti HotBot, MSN, dll. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di http://www.inktomi.com
9. Keyword : Suatu kata atau frase yang kita ketikan di kotak pencarian sewaktu kita ingin mencari informasi tertentu.
10. Keyword Frequency : menunjukkan seberapa sering suatu keyword muncul di halaman tertentu dari suatu halaman tertentu atau bagian tertentu dari suatu halaman web. Secara umum, semakin banyak keywor itu muncul di suatu halaman, semakin tinggi posisi situs tersebut di situs pencari. Hanya saja jika kita menyalahgunakan metode ini dengan memasukkan keyword yang sama berulang ulang maka halaman web kita tidak akan diindeks oleh situs pencari dan dianggap spamming. Tidak ada ketentuan berapa banyak keyword bisa digunakan berulan ulang dalam satu halaman jadi hati hati saja dalam pengulangan keyword yang sama dalam satu halaman, jangan overdosis.
11. Keyword Prominence : Apabila suatu keyword muncul di bagian atas dari suatu paragraf, maka semakin atas suatu keyword muncul, peluang peningkatan urutan posisinya di situs pencari semakin tinggi.
12. Keyword Weight : Menunjukkan berapa kali suatu keyword muncul di suatu halaman dan dihitung dalam persentase dari semua kata yang lain di halaman itu. Secara umum, semaikin tinggi persentase dari suatu keyword tertentu di dalam suatu halaman maka semakin tinggi urutan posisi yang akan diperoleh halaman web tersebut dalam urutan posisi di situs pencari untuk keyword itu. Sekali lagi pengulangan berkali kali dari keyword yang sama untuk meningkatkan persentase dari keyword tersebut akan membuat situs pencari tidak akan melakukan indexing terhadap halaman web kita.
13. Link Popularity : Banyaknya situs web yang me-link ke suatu situs tertentu. Secara umum situs pencari akan menggunakan link popularity sebagai acuan dalam meletakkan urutan posisi dari suatu situ web. Hanya saja link yang dimaksud disini link yang memiliki kesamaan dan kualitas link yang me link situ web kita yang dapat meningkatkan link popularity.
14. Meta Description Tag : tag yang terdapat di bagian header dari suatu halaman web yang digunakan untuk memberikan suatu uraian singkat dari isi situs kita. Beberapa situs pencari akan menampilkan teks yang terdapat di dalam meta description tag sewaktu halaman tersebut muncul dari hasil pencarian oleh situs pencari.
15. Meta Keyword Tag : tag yang terdapat di bagian header suatu halaman web yang digunakan untuk menempatkan kata-kata alternatif yang ditulis di dalam badan halaman web.
16. Situs Pencari berjenis pay per clik : situs pencari yang akan menampilkan suatu situs web sebagai hasil pencarian bergantung pada besarnya uang yang berani anda bayar ke situs pencari. Contoh dari situs pencari jenis ini adalah Overture, HootingOwl, GoToast dan sebagainya.
17. Robot : Suatu program perangkat lunak yang mengunjungi situs-situs web dan mengumpulkan alamat-alamt email untuk digunakan sebagai spamming email.
18. Robot.txt : Suatu file teks yang terdapat di dalam Root directory dari suatu situs web yang digunakan untuk mengontrol halaman halaman tertentu agar diindex atau tidak diindex oleh spider.
19. hanya robot yang tunduk pada aturan Robots Exclusion Standard yang akan mengikuti instruksi yang terdapat di dalam file ini.
20. Situs Pencari : suatu program perangkat lunak yang digunakan untuk mencari informasi dan menampilkan situs situs yang berisi informasi yang sedang dicari seperti Google, Alta Vista, HotBot dll.
21. Search Engine Placement : suatu metode untuk memastikan bahwa suatu situs web akan mendapatkan urutan posisi yang strategis di dalam situs pencari. Disebut juga search engine positioning atau search engine optimization.
22. Spamming : pengiriman email promosi dalam jumlah banyak dan tidak diminta oleh si resipien.
23. Spamdexing : pengulangan berkali kali suatu keyword namun tidak berhubungan dengan isi dari situs web tersebut. Selain itu penggunaan teks yang warnanya disamakan dengan warna latar belakang dari halaman web dan sebagainya.
24. Spider : program perangkat lunak yang mengunjungi situs web dan melakukan indexing pada halaman halaman yang ada di situs web itu.
25. Tag Title : Isi dari tag title umumnya ditampilkan oleh browser di bagian atas window browser. Situs pencari menggunakan tag title untuk menyediakan link ke situs situs web yangmerupakan hasil pencarian yang dilakukan oleh pengunjung situs pencari. Meletakkan keyword di tag title dari suatu halaman bisa meningkatkan penempatan urutan posisi dari suatu halaman web khususnya untuk keyword itu.
26. PageRank adalah nilai atau ranking dari suatu halaman situs web yang diberikan oleh Google dalam skala 1-10. Nilai ini didapat melalui algoritma perhitungan tertentu yang didasari oleh jumlah dan kualitas dari backlink yang dimiliki oleh halaman situs web yang bersangkutan. Karena ada unsur “kualitas”, maka besarnya PageRank tidak selalu sebanding dengan jumlah tautan baliknya. Bagi Google, PageRank dikembangkan untuk menggambarkan popularitas dan kualitas dari suatu situs web. Semakin besar nilai PR-nya, berarti diasumsikan bahwa situs tersebut semakin populer dan berkualitas baik.

READ VIA EMAIL FOR FREE