| Comments ]

Europe pertama kali didirikan tahun 1979 dengan nama Force di Upplands Vasby, Stockholm. Formasi awal dari Europe adalah Joey Tempest sebagai vokalis dan keyboardis, Jhon Norum pada gitar, Peter Olsson pada bass dan drummer Tony Reno.

Pada saat masih menggunakan nama Force, band ini masih bermain di sekitar Swedia saja. 2 tahun setelah berdiri, Olsson keluar dari band dan digantikan oleh Jhon leven. Jhon leven hanya bertahan beberapa bulan saja dan keluar untuk bergabung dengan Yngwie J. Malmsteen yang mendirikan band Rising Force, dan bekas bassis dari Malmsteen's, marcell Jacob bergabung dengan Forced.

Awal karier sukses Europe dimulai pada tahun 1982, saat pacar Tempest's mendaftarkan Force pada Swedish rock talent contest Rock-SM. Bersaing dengan 4000 bands, Forced memenangkan kontes dengan 2 lagu andalan, "In the Future to Come" dan "The King Will Return". Hadiah yang mereka peroleh adalah kontrak rekaman dengan Hot Records.

Dalam kontes itu Tempest memperoleh penghargaan sebagai Best Lead Singer, dan Norum sebagai Best Guitarist. Dan selama kontes inilah Forced berganti nama dengan Europe. Album Self titeld dirilis setelah kontes dan laris terjual di Sewdia dan Jepang. Album ini tercatat peringkat 8 dalam homeband asal Swedia, dan single "Seven Doors Hotels" memperoleh Top 10 hit di Jepang.

Setahun sesudahnya Europe merilis album kedua Wing Of Tomorrow dengan single "Open your heart” yang memperoleh perhatian dari CBS Record dan menawarkan Europe dengan kontrak Internasional pada tahun 1985.

Selanjutnya dengan pesatnya perkembangan karier dari Europe, band ini merekrut anggota baru Keyboardist Mic Michaeli serta memecat Tony Reno dan digantikan oleh Ian Haugland.
Pada tahun 1985 Europe merilis soundtrack untuk film On The loose, dengan hitnya Rock The Night. Sukses besar karier dari Europe secara International terjadi pada tahun 1986 bersama produser Kevin Olson Europe merilis The Final Countdown.

The Final Countdown merupakan jembatan bagi Europe di dunia musik Internasional. Album ini meraih Triple Platinum di USA dan meraih peringkat 8 Billboard Chart. Hit lainnya seperti lagu balada Carrie meraih peringkat 3 Billboard 100 chart.

Gambar By : hotmetalradio.com

READ VIA EMAIL FOR FREE