| Comments ]

Telpon tanpa kabel, koneksi internet tanpa kabel alias tehnology wireless sudah terasa biasa sekali. Tapi bagaimana jika listrik tanpa kabel??? Bisakah???

Jawabnya bisa...Intel sekarang sedang mengembangkan tehnologi terbaru wireless energy resonant link atau sambungan resonan energi tanpa kabel. Tenaga listrik yang mampu disalurkan melalui udara mampu menyalakan bohlam 60 watt lebih besar daripada watt yang dibutuhkan untuk mengoperasikan laptop.

Energi listrik ini disalurkan tanpa ada apa apa diantara pengirim dan penerima. Hanya saja tehnologi ini masih memerlukan pengkajian lebih lanjut mengenai keamanan tehnologi ini terhadap tubuh manusia karena tubuh manusia tidak terpengaruh oleh medan magnet tapi terpengaruh oleh medan listrik.

Josh Smith, seorang peneliti di Intel menyatakan akan menggunakan medan magnet sebagai pemancar energi. Smith mencontohkan, dengan tehnologi listrik tanpa kabel ini, bandara, perkantoran, dan gedung gedung lain bisa didesain untuk menyuplai listrik bagi laptop, telpon gengam, atau perangkat elektronik lainnya yang dioperasikan disekitarnya.

Tehnologi ini juga mampu dipasang pada komponen komputer, misalnya monitor. Dengan begitu monitor tersebut akan memancarkan listrik ke peralatan peralatan di dekatnya. Selain itu tehnologi ini akan meniadakan kebutuhan atas charger. Bahkan baterai pun akhirnya bisa disingkirkan. Ini penemuan tehnologi terbaru yang nantinya jika telah siap dilempar ke pasar akan mengubah dunia dengan kata lain Intel benar benar akan mengubah dunia.

Sumber : Jawa Pos
Gambar by : hometown.aol.com

READ VIA EMAIL FOR FREE