| Comments ]

Setelah rame rame para seleb mendaftarkan diri jadi caleg. Sekarang pendaftaran caleg yang ternyata ruwet dan kisruh itu diramaikan oleh pandaftaran sejumlah calon caleg dari para anak pejabat dan tokoh politik. Putra atau putri dari Megawati, Amien Rais, Susilo Bambang Yudhoyono, Hamzah Haz diberitakan ikut meramaikan bursa pendaftaran caleg.

Enak sekali ya??? Bukan sirik atau iri tapi jika kita menginggat tokoh2 bangsa ini pada era awal kemerdekaan berbeda sekali dengan era saat ini. Berbekal popularitas, nama besar orang tua, keturunan, koneksitas uang di era sekarang orang sudah bisa menjadi pejabat atau caleg. Jika dibandingkan dengan jaman dulu tokoh nasional seperti Soekarno, Bung Hatta, sutan Syahrir dll mereka tidak besar karena uang dll.

Tokoh seperti Soekarno dan Bung Hatta besar dan popular karena kerja nyatanya untuk urusan kemasyarakatan dan kemerdekaan jadi mereka bukan tokoh yang asal jadi. Perjalanan serta proses panjang yang berat harus mereka lalui. Mulai dipenjara hingga ancaman pembunuhan. jadi terasa wajar jika tokoh seperti Bunga Karno dan Hatta serta lainnya bisa besar dan mencuat namanya di mata rakyat dan tidak melalui serangkaian promosi iklan atau keturunan bahkan uang.

Kapan Di Indonesia muncul tokoh pemimpin nasional atau caleg yang lahir dan besar tanpa koneksitas keluarga, uang atau promosi di TV tapi muncul dan besar karena karya nyatanya untuk masyarakat. Kapan???

Gambar by : gallery.bizhat.com

READ VIA EMAIL FOR FREE