| Comments ]

Dalam Seo sebagai upaya optimalisasi situs dikenal sitemap. Sitemap sendiri kurang lebih merupakan sesuatu yang menggambarkan denah dari sebuah situs web. Jadi sitemap memuat informasi mengenai halaman apa saja yang ada di sebuah website, file-file gambar apa saja yang ada di sebuah website. Lantas apa itu sitemap google? Sitemap google kita buat supaya google lebih cepat mendapatkan isi website kita, terkait dengan SEO (Search Engine Optimization).

Cara membuat site map sangatlah mudah. Anda harus memiliki account di Google webmaster dan masuklah pada webmaster tools dan sebelum membuat sitemap verifikasilah terlebih dahulu blog atau situs anda.

Setelah verifikasi klik link add site map. Sebelumnya sebaiknya anda buat dulu file sitemapnya. Silakan buka editor favorit anda, misalnya: Dreamweaver, PHPEd, Winsyntax, atau bahkan notepad, bagi pengguna linux bisa menggunakan vi, joe, atau bahkan emacs.

Format dari file sitemap adalah seperti berikut:
• loc: adalah alamat URL dari website anda atau suatu halaman di web anda
• lastmod: kapan terakhir kali dimodifikasi halaman tersebut
• changefreq: periode perubahan (always, hourly, daily, weekly, monthly, yearly, atau never)
• priority: prioritas pencatatan oleh search engine google

Setelah anda selesai membuat file sitemap anda, beri nama file tersebut, misalnya sitemap.xml, sebaiknya berekstensi .xml, kemudian upload ke direktori public_html di web hosting anda. Anda dapat membuat sitemap dengan praktis dengan menggunakan sitemap generator yang jauh lebih praktis dan jangan kuatir yang gratisan banyak kok .

Langkah selanjutnya adalah kembali ke halaman webmaster tools di google tadi, setelah melakukan klik pada “Add a Sitemap”, maka anda diminta menentukan type sitemapnya. Silakan gunakan “Add General Web Sitemap”.

Kemudian isikan alamat URL lengkap dari sitemap anda, misalnya: http://www.namadomainku.com/sitemap.xml. Kemudian klik tombol “Add Web Sitemap”. Silakan tunggu beberapa menit, kemudian refresh, maka status OK akan muncul pada sitemap yang anda buat.

Cara di atas adalah untuk anda yang memiliki domain pribadi, sedangkan untuk pengguna blogger atau wordpress, langkah yang harus anda lakukan adalah klik add sitemap dan isi nama domain anda tambahkan .rss.xml atau .atom.xml. Sederhana bukan cara membuat sitemap??? Nah silahkan mencoba mengoptimalkan situs anda di melalui search engine untuk meningkatkan traffic blog atau web anda. Selamat mencoba cara membuat sitemap sederhana ini .

Gambar by : WSL

READ VIA EMAIL FOR FREE