| Comments ]

Subprime Mortgage awalnya ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan akan rumah bagi warga Amerika. Program kepemilikan rumah yang sebenarnya bertujuan baik ini ternyata melampaui batas. Ditengarai ada permainan jahat dari beberapa lembaga keuangan disana dengan mengeluarkan kredit dengan berlebihan.

Over kredit subprime mortgage ini mengakibatkan kreditur gagal bayar, kredit macet pun menggunung. Dampak selanjutnya kredit macet ini menyeret 2 lembaga keuangan ternama di Amerika seperti WAMU dan Lehman Brothers bangkrut. Tidak hanya ini saja, Subprime Mortgage memiliki efek domino.

Meningkatnya pinjaman corporasi di The fed yang memungkinkan The fed mengalami kesulitan likuiditas, ambruknya bursa saham di seluruh dunia akibat panic selling, serangkaian efek ini akan bermuara pada krisis ekonomi secara keseluruhan.

Amerika sebagai negara super power dimana banyak negara lain terkait denganny juga akan menyeret negara negara lain yang memiliki ketergantungan dengan ekonomi amerika merasakan dampaknya juga. Semaikin tinggi ketergantungan sebuah negara terhadap amerika, semakin tinggi dampak krisis ekonomi yang akan ditanggungnya.

Selain tingkat ketergantungan, fundamental ekonomi suatu negara akan menentukan besar kecilnya dampak yang akan ia rasakan. Pertannyaannya, bagaimana dengan Indonesia???

Indonesia sudah dengan pastinya cukup memiliki keterkaitan atau ketergantungan dengan Amerika baik dari segi ekspor, impor, dan utang luar negri. Ditambah saat ini Indonesia disibukkan dengan serangkaian pemilihan kepala daerah dan persiapan pemilu di 2009. Situasi yang cukup berbahaya.

Jika para pembesar atau calom pemimpin sampai memanfaatkan isu krisis subrpime mortgage yang demikian kompleks hanya untuk mengangkat popularitasnya. Terkutuklah dia!!! Krisis subprime mortgage yang berkembang menjadi krisis ekonomi global ini jika tidak segera ditangani oleh mereka para ahli ekonomi (BUKAN AHLI POLITIK) maka sekali lagi kita semua, rakyat kecil akan menanggung akibat terparahnya.

Kemiskinan sudah bisa dipastikan akan melambung tinggi. Kemiskinan akan membawa berbagai dampak sosial lainnya. Intinya hidup tidak akan lagi menyenangkan. Oleh karena itu jika ada kandidat pemimpin yang tidak dibekali pengetahuan cukup atas masalah yang demikan kompleks untuk popularitasnya...JANGAN PILIH DIA!!!

Gbr by : lolfed

READ VIA EMAIL FOR FREE