| Comments ]

Google saat ini merupakan search engine no 1 di dunia. Hampir 90% pengguna internet menggunakan layanan Google dalam melakukan pencarian informasi yang mereka juga kita butuhkan. Kecepatan pencarian dari Google inilah yang membuatnya raja di raja dalam mesin pencarian.

Sebagai pengelola blog tentu kita masing masing menginginkan agar blog kita mudah terindex dalam daftar pencarian Google. Google merespon keinginan kita semua dengan menyediakan Google webmaster tools untuk mengoptimalisasi blog kita.

Verifikasi Blog/web
Langkah awal untuk mengoptimalisasi blog dengan bantuan Google webmaster tools sangat sederhana. Setelah anda memiliki Google account, masuklah ke bagian Dashboard dan masukkan url anda di bagian add site.

Setelah itu verifikasi blog anda dengan meta verify yang telah disediakan Google webmaster tools di bawah page title blog anda. Jika sudah memasang meta verify tersebut save dan clik tombol verify pada google webmaster tools.

Membuat SiteMap
Site map mempermudah Google untuk melakukan pemetaan blog anda. Cara membuat sitemap untuk anda yang punya domain pribadi cukup mudah tinggal gunakan layanan sitemap generator gratis yang banyak bertebaran di luar sana. Sementara itu untuk pengguna domain gratisan seperti blogger, membuat site map cukup mudah.

Masuklah pada bagian site map dan pilih add sitemap lalu pilih add general web sitemap dan pasang secara bergantian atom.xml, rss.xml, feeds/posts/default, feeds/posts/default?alt=rss di belakang url anda.

Mengatur web crawler/Google Boot
untuk mengatur masuk pada Tools dan pilih Set crawl rate. Pilih yang Normal Recommended crawl rate karena untuk yang faster beresiko dengan expires.

Memperoleh Traffic melalui Image
Anda bisa memperoleh tambahan traffic dari image yang anda pasang pada blog anda karena terkadang pencari dengan search engine mengakses sebuah web/blog dari image yang ada.

Masih tetap di bagian tools masuklah ke bagian Enhanced image search dan centang I would like to enable enhanced image search on my site and am authorized to opt into this advanced service dan klik OK. Selesailah sudah maka image pada blog anda sekarang bisa menjadi pemandu visitor dari search engine untuk mengakses blog anda.

Sudah selesai dengan Optimalisasi Blog anda dengan Google Webmaster Tools??? Keren :)

Other post : Telur dan bakpau palsu dari Cina

READ VIA EMAIL FOR FREE