| Comments ]

Sedikit mengenang awal saya nge blog. Saya mulai nge blog sekitar nov 2007. Blog pertama saya tentang ya seputar duit juga :P berhubung saya bosan mengurus blog dengan kontent khusus maka saya membuat Blog E Billah ini untuk posting apapun yang saya anggap menarik walaupun kadang terpeleset kena lendir :P

Motivasi awal saya nge blog adalah untuk mengisi waktu luang sekaligus sebagai pengalih perhatian saya dari chart forex. Berat kalo mantengin chart forex terus menerus karena bisa tergoda dan terpeleset nanti ;) Sudah 3 tahun saya menekuni trading forex (bukan broker loh ya!!!) Tidak ada motivasi saya untuk menjadi broker karena komisinya udah kecil ntar klo rugi klien maki2 saya pula :P

Awalnya saya tidak percaya dengan segala tetek bengek dari make money online dengan blog. Saya anggap scam. Awalnya memang saya pasang iklan adsense tapi itu untuk gagah2 an saja. Dulu saya beranggapan blog atau situs yang ada iklannya itu keren, padahal ya tinggal daftar dan pasang scriptnya udah jadi deh (dodol bener ya saya):P

Selanjutnya sekitar april 2008 iseng saya coba ikut ikutan repiu pertama kali bloggerwave dan dapat 2 job. Eh ga taunya bulan berikutnya ada email dari bloggerwave bahwa saya dapat pembayaran sebesar 20$ dari bloggerwave.

Rasa senang dan penasaran makin menjadi. Tetapi waktu itu entah kenapa saya mengambil keputusan untuk tidak mendaftar ke program lainnya lagi. Pertimbangan saya waktu itu karena page rank saya masih di angka 2 dan alexa msh moahal bener waktu itu. Saya ingin yang optimal.

Baru sekitar akhir mei 2008 blog pertama saya naik ke page rank 3 dan blog e billah ini pun langsung diberi page rank 3 juga. Waktu itu alexa rank sudah di bawah satu juta semua. Barulah saya mulai bertindak.

Saat itu iseng saya mempelajari TOS adsense, dan ribetnya bukan main ternyata dan saya mengangap adsense ini banyak memberikan batasan dan belum tentu saya bisa berhasil meraih earning dari adsense. Waktu itu kalo ga salah hanya terisi sekitar 16$ di account adsense dan itu selama 4 bulan lamanya. Wah saya merasa udah ruwet kecil pula hasilnya. Akhirnya saya melepas adsense dari blog2 saya.

Awal juni 2008 resmi saya me matrekan 2 blog saya ini dan akhir juni 2008 waktu itu earning saya mencapai hingga 529$. Saya sedikit terkejut, tidak terasa hanya dengan blog gratisan bisa mendulang uang yang jumlahnya cukup lumayan.

Tetapi juli hingga oktober earning blog hanya berkutat di angka 300$-350$ an dan yang terendah bulan november kemarin hanya mampu meraih 245$. Desember inilah puncak earning tertinggi saya menuju 1000$ pren. Ya lumayalah untuk nubie seperti saya ini :D

Sekitar agustus 2008 saya membuat blog baru yang sungguh tidak disangka hanya dengan usia 1 bulan saja Google berbaik hati memberi page rank 3. Dan kini blog ketiga saya itu alexa ranknya sudah pada kisaran 300 an, lumayan cepat untuk ukuran sebuah blog baru.

November 2008 karena kesibukan blogger matre cukup sepi saya membuat 2 blog baru dan menggunakan domain berbayar. Sayang page ranknya masih nol. Tetapi 2 blog baru ini pergerakan alexanya cukup lumayan cepat. Keduanya kini sudah berada di bawah angka 1 juta an.

Selain blog2 itu selama 2008 saya banyak sekali membuat dummy blogging yang kalo dijumlahkan semuanya kini mencapai 80 an. Namanya dummy blog, membuatnya sangatlah mudah sekali, hanya dalam waktu 1 jam sudah tercipta 2 dummy blog dan sudah didaftarkan ke berbagai search engine. Dari sinilah saya membangun one way backlink untuk blog2 yang saya utamakan.

Sekalipun dummy blog tapi banyak di antara dummy blog yang saya buat diberi page rank oleh google. Tetapi mereka para dummy blog saya tidak saya pakai untuk di matre kan. Ya tetap untuk supporting blog utama dan anggap aja stock blog ber page rank :D Jadi manakala butuh saya sudah punya.

Bulan desember 08 ini sangatlah special bagi saya dalam dunia perbloggingan. Cukup lumayan progress yang saya peroleh dari make money online dari blog ini. Dimana bulan desember ini pasar uang sepi jadi merosot earning dari forex.

Semoga tahun depan di 2009 kita semua bisa lebih sukses lagi. Amien :)

Gbr by : napamosquito


READ VIA EMAIL FOR FREE