| Comments ]

Booming situs jejaring social seperti Facebook, Myspace, dan Bebo mulai mendapatkan ujian atas eksistensinya. Saat ini pemerintah Inggris berencana akan mengawasi semua aktivitas dan mengumpulkan data user situs jejaring social seperti Facebook, Myspace, dan Bebo. Data para user Facebook, Myspace, dan Bebo ini akan disimpan dalam database yang disebut "Big Brother".

Alasan pemerintah Inggris melakukan hal ini karena pemerintah Inggris kuatir booming dari situs jejaring social ini akan dimanfaatkan oleh para teroris. Pemeerintah Inggris merasa banyak celah keamanan dari situs seperti Facebook, Myspace, dan Bebo yang bisa dimanfaatkan para teroris.

Pemerintah Inggris tampaknya masih shock atas peristiwa pengeboman di London pada 7 Juli 2005 yang lalu. Sehingga pemerintah Inggris mengajukan rencana pengamanan ini kepada pihak Uni Eropa. Setidaknya 3 situs jejaring social seperti Facebook, Myspace, dan Bebo yang akan memperoleh pengawasan tajam dari pemerintah Inggris.

Hingga saat ini telah tercatat 17 juta pengguna facebook, 10 juta pengguna Bebo, sekitar 10 juta user myspace yang berasal dari Inggris. Pihak Facebook sendiri berencana akan melobi pemerintah Inggris sebab pengawasan yang akan dilakukan oleh pemerintah Inggris ini.

Langkah pemerintah Inggris untuk mengawasi user dari Facebook, Myspace, dan Bebo tentu akan menganggu kenyamanan user dan dampak selanjutnya tentu banyak orang akan meninggalkan penggunaan situs jejaring social ini.

READ VIA EMAIL FOR FREE