| Comments ]

Pemilu untuk memilih calon legislatif sudah usai dan dari hasil Hasil quick count pemilu legislatif 2009 ini tampaknya dimenangkan oleh partai Demokrat. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh LSI (1), LSN, LSI (2), dan CIRUS, partai demokrat berhasil meraih sekitar diatas 20% lebih suara. Tempat kedua dipegang oleh PDIP dan ketiga ditempati oleh Golkar.


Pemilu kali ini menunjukkan bahwa tidak bergunanya ada banyak pilihan partai. Jika partai dianggap cukup punya massa pemilih dan layak untuk ikut pemilu sedikitnya 5% maka terdapat sekitar 32 partai yang tidak layak.
Bahkan di posisi 10 besar hasil quick count pemilu legislatif 2009 ini yang ditempati oleh PKNU hanya mampu meraih 1% lebih voter. Hasil quick count pemilu legislatif 2009 setidaknya juga menunjukkan terlalu banyak partai yang terlihat tidak layak untuk ikut pemilu.

Quick Count atau penghitungan suara cepat adalah proses pencatatan hasil perolehan suara di ribuan TPS yang dipilih secara acak. Quick Count adalah prediksi hasil pemilu berdasarkan fakta bukan berdasarkan opini. Karena itu ia tidak sama dengan jajak pendapat terhadap pemilih yang baru saja mencoblos atau yang biasa disebut exit poll.

Untuk kepentingan Quick Count ini ribuan relawan diturunkan untuk mengamati Pemilu secara langsung demi memperoleh informasi yang diperlukan. Mereka mencatat ke dalam formulir yang telah disediakan mengenai informasi proses pencoblosan dan penghitungan suara di TPS yang diamati, termasuk perolehan suara masing-masing kandidat. Setelah selesai mereka akan menyampaikan temuan-temuannya ke pusat data (data center). (LPES)

Banyak partai hanya bikin binggung. Jika ingin tahu lebih detail lagi tentang Hasil quick count pemilu legislatif 2009...selengkapnya bisa dilihat di Hasil quick count pemilu 2009 oleh Detiknews.

READ VIA EMAIL FOR FREE