| Comments ]

Siapa menjiplak siapa??? Pertanyaan yang akan muncul atas kontroversi lagu Terang Bulan. Lagu Terang Bulan mencuat ke permukaan sebagai akibat kasus jiplak menjiplak Malaysia atas beberapa kebudayaan Indonesia.

Awalnya Malaysia dituduh menjiplak lagu Terang Bulan yang digunakan untuk lagu kebangsaan Malaysia. Versi Indonesia lagu Terang Bulan pertama kali diputar di RRI Jakarta pada tahun 1956, sedangkan Malaysia baru merdeka pada 31 Agustus 1957.

Adaptasi lagu Terang Bulan menjadi lagu Negaraku terjadi, karena Presiden Soekarno kala itu pernah memberi hadiah bagi kemerdekaan Malaysia berupa piringan hitam yang berisikan lagu lagu Indonesia di antaranya Terang Bulan.

Berikut Video Lagu Terang Bulan :



Di pihak Indonesia, Aden Bachri mengklaim, lagu Terang Bulan adalah karya ayahnya Syamsul Bachri. Saat ini, Aden tengah berusaha mengumpulkan bukti-bukti yang dapat mendukung pernyataannya itu.

Sementara itu di sisi lain menurut Remy Silado, lagu Terang Bulan sudah ada sejak abad 19. Dimana lagu Terang Bulan merupakan sebuah lagu adaptasi dari sebuah lagu yang populer berjudul "La Rosalie", pada akhir abad 19 di wilayah jajahan Perancis, sekitar lautan Hindia."La Rosalie" digubah oleh Pierre-Jean de Béranger (1780-1857), seorang musisi berkebangsaan Perancis.

Mana yang benar??? Siapa menjiplak Siapa???

Berikut lirik lagu Terang Bulan Versi Indonesia

Terang bulan
Terang bulan di kali
Buaya timbul disangkalah mati
Jangan percaya mulutlah lelaki
Berani sumpah 'tapi takut mati
Jangan percaya mulutlah lelaki
Berani sumpah 'tapi takut mati
Waktu potong padi di tengah sawah
Sambil bernyanyi riuh rendah
Memotong padi semua orang
Sedari pagi sampai petang
Waktu potong padi di tengah sawah
Sambil bernyanyi riuh rendah
Bersenang hati sambil bersuka
Tolonglah kami bersama sama


Pic by : alittleof



READ VIA EMAIL FOR FREE