| Comments ]

Computer dikenal secara metafora sebagai “otak elektronik” yang saat ini berpengaruh sangat besar dalam kehidupan manusia. Awal mula pengembangan komputer berawal dari pengembangan notasi binner di tahun 1679, dasar dari bahasa komputer.

Ahli Falsafah dan Matematika, Gottfried Wilhem von Leibniz (1646-1716) mengembangkan sistem yang dapat menuliskan semua angka dengan deretan 1 atau 0. walaupun tidak ada aplikasi untuk sistemnya di tahun 1679 dalam komputer, 1 dan 0 dapat diekspresikan sebagai sirkuit terbuka atau tertutup, pasangan status magnetik, atau banyak atau banyak kondisi posisi yang lain.

Orang pertama yang menerapkan listrik untuk penulisan binner adalah T. Abraham dan E. Bolch dari Prancis di tahun 1918. setahun kemudian W.H. Eccles dan F.W. Jordan di Inggris membuat mesin didasrkan pada prinsip yang sama.

Di tahun 1937, Howard Aiken, insinyur dari Amerika mendesain IBM Mark7, cikal bakal komputer mainframe dewasa ini. Mesin massif dengan tinggi 2,4 m dan panjang 15 m. Mark 7 menggunakan tabung vakum dan mempunyai saklar elektronik.

Pengembangan selanjutnya terjadi pada tahun 1941 oleh Alan Turing dan M.H.A. Neuman dari Manchester University (Inggris) dengan mengembangkan Colossus I. Komputer ini membantu memecahkan Ultra Code rahasia dari Jerman, dan tahun 1943 komputer ini memecahkan kode Axis setiap hari.

Colossus I ini pada tahun 1942 diikuti oleh Electtronical Numerical Intregator & Computer (ENIAC) seberat 30 ton yang dikembangkan untuk pemerintah Amerika Serikat oleh Jhon Mauchly (1907-1980) dan Jhon Presper Eckert di University of Pennsylvania. ENIAC ini seribu kali lebih cepat dibandingkan IBM Mark 7 tetapi 18.000 tabung vakumnya sering menimbulkan masalah dan menghentikan operasi komputer.

Periode tahun 1948 IBM mengembangkan IBM Selective Sequence Electronic Calculator (SSEC) yang merupakan komputer elektronik pertama dengan memori untuk menyimpan data yang dikembangkan oleh Frank Hamilton.

Tiga tahun berikutnya (1951) setelah munculnya SSEC, Eckert dan Mauchly memperkenalkan Sperry Universal Automatic Computer (UNIVAC) yang merupakan komputer pertama yang sukses secara komersial.Selanjutnya pada tahun 1959 IBM memperkenalkan IBM 1401 yang merupakan komputer pertama yang mengantikan mesin bisnis mekanis dalam jumlah besar.

Revolusi terbesar pada pengembangan komputer terjadi pada tahun 1975 dengan penggunaan transistor dalam bentuk padat dan kecil serta mampu bekerja lebih cepat yang merupakan cikal bakal prosesor untuk menggantikan tabung vakum yang rapuh dan merepotkan yang dikembangkan oleh Seymour Cray.

Cray kemudian mendirikan perusahaan sendiri dan melanjutkan pengembangan komputer super unggul dan akhirnya di tahun 1975 Cray memperkenalkan Cray 1 komputer yang mampu melakukan 100 juta operasi per detik yang disusul 10 tahun berikutnya (1985) oleh Cray 2 yang mampu melakukan 1,2 milliar operasi per detik.

Sumber : 100 penemuan berpengaruh dalam sejarah dunia by Bill Yenne & Dr. Morton Grosser

READ VIA EMAIL FOR FREE