| Comments ]

Computer desktop pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977 yang diawali oleh penemuan mikroprosesor, mesin yang menggabungkan ribuan transitor dalam satu chip silikon berukuran kecil. Mikroprosesor ini dikembangkan oleh Ted Hoff di Intel Corporation pada tahun 1971 di Santa Clara valley, selatan San Fransisco, daerah yang akhirnya dikenal sebagai Silikon Valley karena industri mikroprosesor dan komputer yang banyak tumbuh disana.


Selanjutnya pada tahun 1976 masih di silikon valley, Steve Jobs dan Steve Wozniak menciptakan papan komputer mikroprosesor buatan rumah yang dinamakan Apple I. Mereka bekerja membuat Apple I ini di garasi rumah orang tua Jobs. Hasil karya mereka ini ditawarkan pada pecandu elektronik setempat.

Pada tahun 1978 Steve Jobs dan Steve Wozniak mendirikan Apple Inc dan memperkenalkan Apple II komputer pribadi pertama yang dipasarkan secara global. Apple II lengkap dengan papan tombol (keyboard) dan kemampuan grafik berwarna dan dijual dengan harga eceran $ 1290. Dan di akhir 1978 Apple II+ dengan memori yang besarnya 12 kali lebih besar ditawarkan kepada publik.

Revolusi komputer dari Apple inilah yang mewujudkan ide personal komputer menjadi kenyataan dan Apple ttumbuh menjadi perusahaan dengan nilai 500 juta US$ hanya dalam waktu 5 tahun. Langkah dari Apple ini diikuti juga oleh raksasa komputer IBM yang juga meluncurkan personal komputer di bulan agustus 1981.Dan komputer pun terus berkembang dengan cepat hingga saat ini seperti yang anda pergunakan sekarang ini.

Sumber : 100 penemuan berpengaruh dalam sejarah dunia by Bill Yenne & Dr. Morton Grosser
Gambar by acetechcomputers.com

READ VIA EMAIL FOR FREE