| Comments ]

Page rank google mengacu pada kualitas halaman blog atau web yang bermanfaat untuk memperoleh indexing atau posisi di search engine. Semakin tinggi page rank, google akan memberikan keistimewaan posisi indexing. Dimana indexing dari search engine ini akan memberikan peluang bagi pengelola blog atau web untuk memperoleh visitor. Ini adalah manfaat besar dari page rank.

Tentu posisi yang diincar adalah posisi top ten atau paling jelek top 30. Beragam cara akan ditempuh pengelola blog atau web untuk memperoleh atau meningkatkan page rank. Dari panduan resmi google webmaster, untuk memperoleh dan meningkatkan page rank dasarnya adalah jumlah backlink. Tetapi jangan lupa bukan berarti banyak backlink page rank anda juga akan semakin tinggi. Tidak sesimple itu.

Google hanya merilis dasar dari page rank adalah jumlah link yang mengarah ke sebuah blog atau web dan proporsi dari link in dan link out. Tetapi link yang dimaksud disini telah dinyatakan jelas oleh pihak google adalah link yang memiliki relevansi dan kualitas.

Relevansi link disini dengan logika sederhana jelas merujuk pada suatu hubungan kesamaan dan google bekerja secara terprogram atau dengan alogaritma. Google tidak membaca sebuah situs seperti manusia yang membaca misalnya mata maka kita akan mengartikannya sebagai indera penglihatan. Google hanya melihat kesamaan dari kata kunci atau keyword.

Sehingga dengan demikian logika sederhananya google akan memberikan nilai relevansi berdasarkan keyword. Keyword yang digunakan untuk blog atau web dengan spesifik konten jauh lebih mudah terlihat. Misalnya blog dengan konten kuliner kemungkinan besar keyword yang ada pada blog ini pasti seputar kuliner, memasak, atau nama makanan, tips masak dll yang terkait dengan kuliner.

Kesulitan untuk melihat relevansi link sebuah blog terjadi jika blog tersebut bersifat mix content atau campuran. Tetapi bagi saya relevansi dari mix content blog pun tetap bisa dilihat dari artikel2 yang dibuat. Artikel yang diterbitkan seorang pengelola blog akan mengandung keyword dan dari sana kita dapat meraba kira kira si pengelola menargetkan keyword apa saja. Bisa juga memeriksa meta tags yang digunakan si pengelola blog atau web.

Sebagai contoh blog saya yang beberapa kali menerbitkan post ttg seo, paid review, dll. Blog yang terkait dengan blog saya dan pernah juga menyinggung tentang paid review atau seo tentunya akan memiliki relevansi link dengan link blog saya.

Sementara itu dari segi kualitas link saya berasumsi google memberi nilai kualitas link dari click popularity (click dari visitor search engine). Selain itu saya juga berasumsi google sangat memperhatikan produktivitas update dari sebuah blog atau web. Kebanyakan blog atau web yang jarang diupdate cenderung menjadi kurang google cache sekalipun diberi page rank. dengan demikian sekalipun memiliki page rank tapi kurang google cache, kemungkinan kualitas linknya rendah.

Cara lain meningkatkan page rank selain bertukar link dengan sesama pengelola blog atau web adalah dengan mendaftarkan blog ke situs direktori spt ODP, memasang link pada situs2 iklan baris, dll. Kalau anda mau memperoleh atau meningkatkan page rank dengan cara instan solusinya adalah membeli domain ber page rank.

Nah jika anda bertukar link dengan motivasi meningkatkan page rank maka silahkan mencari blog atau web yang memiliki relevansi yang mendekati relevansi dengan blog anda. Untuk mencheck kualitas dari link sebuah blog atau web bisa dengan bantuan google. Carilah mereka yang bertengger di top 10 dengan keyword yang populer dan tentunya relevan dengan targeting keyword blog anda, buat saya mereka punya kualitas yang bagus.

Berbeda halnya jika bertukar link untuk menjalin persahabatan, relevansi dan kualitas link tidak akan menjadi problema. Tetapi jika motivasi pertukaran link anda adalah untuk memperoleh atau meningkatkan page rank, silahkan menilai terlebih dahulu relevansi dan kualitas link dari blog atau web anda terlebih dahulu.



READ VIA EMAIL FOR FREE